Yang Perlu Dihindari Agar Cepat Hamil

Yang Perlu Dihindari Agar Cepat Hamil – Kehamilan adalah sesuatu ciptaan indah dari tuhan yang diciptakan oleh-Nya untuk manusia. Ada orang yang senang hamil, ada orang yang membutuhkan usaha yang gigih untuk hamil. Seringkali orang akan cari mana-mana obat, tempat berurut, perawatan kesuburan untuk hamil. Tapi tahukah kita aspek gizi juga harus dijaga. Ini bertujuan untuk menyediakan tubuh kita kuat dan mampu menampung kebutuhan bayi di dalam kandungan.

Makanan yang Perlu Dihindari Agar Cepat Hamil

Beberapa hal yang harus dihindari jika ingin hamil adalah:

Kafein
Harga pengambilan kafien yang tinggi akan mengurangi tingkat kesuburan. Studi menemukan konsumsi sehari segelas minuman berkafein akan mengurangi setengah tingkat kesuburan. Jika Anda berencana untuk hamil, pengurangan konsumsi kafein dapat meningkatkan tingkat kesuburan.

Obat Sintetis
Obat sintetis seperti sesetangah pil penahan sakit dan antibiotik dapat menurunkan tingkat kesuburan. Obat penghilang rasa sakit misalnya akan menyebabkan ovulasi terganggu dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Obat antihistamin pula dikatakan akan mengganggu pembentukan sperma dan mengeringkan sekresi servik (yang dapat mengganggu pergerakan sperma). Obat terlarang seperti Marijuana, kokain dan sebagainya dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan merusak otak bayi.

Toksin
Pria dan wanita zaman sekarang terkena racun akibat penggunaan insektisida dan tanaman, penggunaan bahan kimia dalam makanan di rumah dan cat serta paparan lingkungan yang tercemar. Toksin dapat mengganggu kesuburan.

Nikotin
amai dah menyadari efek nikotin pada bayi yang dikandung (seperti keguguran, cacat dan berat badan kurang saat lahir). Tapi mungkin tak banyak menyadari nikotin juga dapat menyebabkan tingkat kesuburan menurun dan mengurangi peluang untuk hamil. Meskipun bakal ibu atau ayah tidak merokok, tetapi sebagai perokok pasif pun nikotin dapat mempengaruhi tingkat kesuburan Anda

Alkohol
Alkohol memang tidak bisa diambil sama sekali oleh Muslim. Ditemukan mengganggu keseimbangan hormon termasuk hormon yang mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Konsumsi alkohol yang sangat tinggi dapat menyebabkan cacat

Pemandian air panas
Memang seronok dapat berendam dalam tub mandi yang berisi air panas atau berada di bawah shower air panas. Tapi awas! suhu yang tinggi dapat merusak kualitas sperma. Hindari berendam terlalu lama dalam pemandian air panas atau sesuaikan dengan suhu yang lebih rendah.

Pencuci Intim Wanita
Mungkin banyak yang suka gunakan pencuci intim wanita yang ada di pasar sekarang. Memang best sebab baunya wangi, dry pun rasa segar dan bersih. Tapi hati-hati juga karena dry yang terlalu sering dapat ‘mengeringkan’, mengurangi cairan serviks dan mengubah pH vagina berikutnya dapat menyebabkan penyakit radang panggul yang dapat mempengaruhi kesuburan terutama dry yang menggunakan metode ‘douching’

Diet
Hindari mengontrol diet Anda secara ekstrem ketika mencoba untuk hamil. Ini akan mengganggu sistem tubuh dan hormon Anda, sehingga mengurangi kesuburan

Berat badan tidak ideal
12% kasus infertilitas yang dilaporkan adalah bersumber dari masalah berat badan. Jika Anda kurang berat badan (underweight) karena gizi tak seimbang atau terlalu aktif – daur haid akan terganggu karena 22% lemak tubuh diperlukan untuk ovulasi yang normal dan kesehatan reproduksi. Sebaliknya, berat badan berlebih (overweight) dapat mengubah hormon secara kimia dan mencegah proses kehamilan. Tapi berita baik bagi masalah ini adalah – tingkat kesuburan dapat dikembalikan ke normal dengan segera setelah Anda mendapatkan berat badan ideal.

Terlalu aktif olahraga / aktivitas fisik
Olahragawan wanita ditemukan sering mengalami masalah kesuburan akibat siklus haid yang tidak normal. Jika Anda seorang yang sangat aktif berolahraga / melakukan aktivitas fisik / kegiatan ekstrem, bicarakan dengan dokter tentang dampaknya terhadap kesuburan jika ada.

Celana dalam ketat
Testikel pria harus berada pada suhu yang lebih rendah dan tidak dapat dibiarkan berada dalam suhu yang tinggi. Memakai celana dalam ketat mungkin dapat mengganggu kesehatan reproduksi pria

Minuman dingin
Orang dulu-dulu memang berpantang dengan es karena akan menyebabkan rahim longgar, berangin dan berair. Ini akan menyebabkan proses pembuahan gagal terjadi.

Makanan Cepat / makan proses
Makanan instan / proses sangat tinggi kandungan garam, lemak dan bahan penyedap makanan. Sudah diketahui sangat tidak elok jika di ambil secara berlebihan.

Baca juga : Obat Sakit Perut Kanan Bawah