TBC Rahim

tbc rahimTBC adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis yang dapat menyerang paru-paru (umumnya) serta menyerang organ lain seperti Kelenjar, Usus, Tulang, Otak, Ovarium, Rahim dll. Penyakit ini menular melalui partikel air kecil (seperti hujan rintik-rintik) yang mungkin dihasilkan ketika seseorang batuk atau bersin (droplet) mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis paru ke udara terutama saat batuk dan bersin.

Penderita TBC rahim (endometritis TB) tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang-orang disekitarnya, kecuali jika selain menderita TBC rahim. Orang menderita TBC paru bisa menularkan, dimana droplet yang dihasilkannya saat batuk/bersin/berbicara mampu menyebarkan kuman penyakit kepada orang disekitarnya. Endometritis TB pada usia reproduksi biasanya akan menyebabkan terjadinya infertilitas (gangguan kesuburan). Sementara endometritis TB yang terjadi setelah menopause akan menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal.

Untuk mengecek adanya indikasi penyakit ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan di laboratorium. Pemeriksaan bisa melalui cairan atau sel yang terkena, misalkan yang terkena adalah organ di perut. Biasanya kalau diperut itu disertai dengan Ascites atau bunting air. Pada pemeriksaan  cairannya tersebut diambil (pangsi) dan dicek di laboratorium Saat ini sudah ada alat canggih untuk mengetahui TBC semacam ini dengan Gene Expert.

Penderita endometritis TB direkomendasikan untuk menjalani pengobatan TB selama 6 bulan. Disarankan penderita penyakit ini untuk segera, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sedini mungkin.

BACA JUGA >> CARA MENGOBATI KISTA RAHIM

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *