Penyebab dan Gejala Kista Bartholin

Kista sendiri merupakan benjolan yang bisa tumbuh diseluruh tubuh. Kista merupakan pembengkakan kecil yang didalamnya berisi cairan. Ada pula yang menyebutkan bahwa kista merupakan tumur jinak yang berisi cairan kental. Sedangkan kista Bartholin merupakan kista yang terjadi pada kelenjar barhtolin yang terletak di lubang vagina.

penyebab-dan-gejala-kista-bartholin

Penyebab kista Bartholin adalah ketika kelenjar Bartholin tersumbat hingga terjadi penumpukan cairan dan akhirnya membentuk benjolan yang berisi cairan kelenjar Bartholin tersebut.

Tersumbatnya saluran kelenjar Bartholin sendiri disebabkan oleh sejumlah bakteri termasuk yang menyebabkan penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore serta bakteri yang biasa ditemukan di saluran usus, misalnya Escherichia coli.

Gejala yang yang menunjukan penyakit kista Bartholin ini adalah adanya pembengkakan di salah satu labia serta adanya rasa sakit. tambahan lagi gejala yang timbul dari penyakit ini ditandai dengan memerahnya permukaan kulit.

Cara mengatasi kista Bartholin ini salah satunya adalah dengan cara perwatan sendiri yaitu dengan cara berendam dalam air hangat selama 10-15 menit dan dilakukan 3-4 kali dalam sehari.

Untuk pengobatan kista bartholin secara medis biasanya melalui pengobatan anti biotik. yaitu untuk mematikan bakteri yang ada pada kista Bartholin tersebut dan mematikan bakteri yang menyumbat saluran kelenjar Bartholin.