Penyakit Kista Ateroma

Penyakit kista ateroma ialah benjolan yg terbentuk dari kelenjar keringat (sebacea). Benjolan tersebut berbentuk bulat dan berdinding tipis. Kista ateroma sendiri terbentuk akibat adanya sumbatan terhadap muara kelenjar keringat, sehingga tidak jarang dinamakan sebagai kista sebacea atau kista epidermal.

kista ateromaKista ateroma rata rata akan ditemukan terhadap kulit kepala, labia, skrotum, dan dada. Tapi bakal juga ditemukan terhadap sektor badan manapun. Terkadang bau busuk serta hadir dalam zat yg dinamakan keratin yg mengisi kista ateroma. Keratin yaitu protein yg membuat kantung sel. Gundukan atau benjolan dapat dirasakan dibawah kulit.

Sekret kelenjar keringat adalah sebum dan sel-sel mati tertimbun dan berkumpul dalam kantung kelenjar. Lama kelamaan dapat membesar dan nampak juga sebagai massa tumor yg berbentuk lonjong hingga bulat, lunak-kenyal, berbatas tegas, berdinding tipis, tak terfiksir ke dasar, rata rata tak nyeri, tapi melekat terhadap dermis di atasnya. Daerah muara yg tersumbat yaitu tanda khas yg dinamakan puncta (titik kehitaman yg letaknya umumnya di permukaan kulit sesuai di tengah massa).

Gejala Kista Ateroma

Gejala penting rata-rata, kecil non-menyakitkan benjolan di bawah kulit. Benjolan kecil atau benjolan yg terjadi pas di bawah kulit kelamin, payudara, perut, wajah, leher, atau di ruang lain terhadap badan yaitu gejala yg paling umum dari kista ateroma. Kista ateroma terkadang akan jadi terinfeksi dan bentuk jadi abses yg menyakitkan. Hal ini penting disaat kista ateroma ialah pembedahan bahwa kantung seluruhnya dipotong untuk menunjang mencegah kekambuhan. Kista besar bisa muncul kembali dan bisa jadi harus diangkat dengan operasi. Jikalau kista jadi terinfeksi, pengobatan akan mencakup pemberian antibiotik dan selanjutnya pengangkatan kista.

Contoh gejalahnya :

  • Tidak Sedikit ditemukan pada sektor badan yg banyak mengadung kelenjar keingat, contohnya muka, kepala, punggung
  • Wujud bulat, berbatas tegas, berdinding tipis, dapat digerakkan, melekat terhadap kulit di atasnya.
  • Berisi cairan kental berwarna putih abu-abu, kadang disertai bau asam.
  • Bila terjadi peradangan, kista bakal memerah dan nyeri

Penyebab Kista Ateroma

  • Infeksi
  • Trauma (luka/benturan)
  • Jerawat

Bila terjadi infeksi sekunder dan terbentuk abses sehingga akan dilakukan pembedahan dan evakuasi nanah. Pada biasanya, penderita kista ateroma bakal diberikan antibotik selama sekitar 2 pekan. Sesudah 3-6 bulan, bisa dilakukan operasi.

Link Terkait : Pengobatan Kista