Panduan Perawatan Rahim Untuk Kesehatan dan Keharmonisan

Panduan Perawatan Rahim Untuk Kesehatan dan Keharmonisan – Rahim diciptakan oleh Allah untuk mengangkat derajat wanita karena rahim menjadi tempat pertumbuhan dan perlindungan janin yang menjadi lambang kasih-sayang antara suami dan istri.

Panduan Perawatan Rahim Untuk Kesehatan dan Keharmonisan

Namun, sayangnya banyak wanita yang tidak peduli soal kesehatan rahim terutama wanita yang belum menikah dan wanita yang baru lepas bersalin. Memang kita tidak nampak kondisi rahim kita sebab itu kita harus menjaganya dengan sebaik mungkin.

Cara menjaga rahim

1. Kenali sejarah keluarga

Saya percaya mungkin ada dikalangan kita yang tidak mengetahui latar belakang keluarga, apakah yang baik atau buruk. Sesuatu penyakit yang menimpa keluarga seharusnya tidak dirahasiakan sebaliknya harus diberitahu kepada anggota keluarga yang lain sehingga tindakan pencegahan dan langkah pencegahan dapat diambil.

Jika ada penyakit rahim dikalangan anggota keluarga, terutama ibu, saudara kandung, nenek atau bibi. Setiap penyakit berkaitain baka, berisiko menyumbangkan 10% terhadap penyakit. Dan Anda harus menghindari faktor lingkungan yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Jangan sengaja lewatkan menikah

Menurut penelitian wajian yang lambat atau tidak hamil lebih rentan terhadap ancaman fibroid dan adenomyosis. Ini karena fungsi utama rahim adalah untuk menampung kehamilan. Ketika hamil ia dapat mengembang dan membesar hingga 1000 kali lipat dari normal dan akan kembali ke ukuran semula setelah melahirkan. Proses ini dapat mencegah dari terjadinya fibroid dan adenomyosis.

3. Menjaga keseimbangan hormon

Wanita memang identik dengan masalah hormon dan 2 hormon yang sangat mempengaruhi rahim wanita adalah estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini memiliki fungsi yang berbeda namun harus saling seimbang dan bekerja. Gangguan keseimbangan hormon ini bisa memicu tidak hanya penyakit rahim malah bisa mempengaruhi kesehatan wanita umumnya. Biasanya kadar estrogen yang melebihi tingkat progesteron yang menyebabkan penyakit.

Baca juga : Kista Rahim Pada Usia Remaja

Antara faktor yang mempengaruhi kedua hormon ini adalah tekanan fisik dan mental serta gangguan emosi. Diet yang tidak terkontrol yaitu yang mengandung gula dan karbohidrat berlebihan, mengandung bahan penyedap dan pengawet berlebihan, obesitas dan penyakit PCOS dapat menyebabkan kadar estrogen meningkat sedangkan kadar estrogen menurun.

Jadi, wanita harus pintar memilih makanan yang seimbang, cerdas mengontrol tekanan dan amalkan latihan untuk hidup yang lebih sehat.

4. Menjaga rahim sejak dari anak-anak

Seharusnya perawatan rahim dimulai dari usia anak-anak lagi. Mungkin anak-anak tidak tahu, jadi tugas ibunya untuk memastikan anak sempurna dalam perawatan kebersihan, maklumlah bukaan rahim adalah dekat dengan bukaan dubur dan bukaan kandung kemih yang memiliki banyak kuman,

Anak-anak perlu didorong untuk memakan sayur dan gizi yang seimbang untuk membangun kekebalan tubuh dan imunitas yang tinggi untuk menghindari infeksi. Dapatkan suplemen yang sesuai untuk anak-anak perempuan termasuk multivitamin, vitamin C dan minyak ikan untuk meningkatkan imunitinya.

5. Mengontrol berat badan

Kegemukan memang turut mempengaruhi kesehatan rahim karena wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas lebih rentan terhadap risiko cyst dan hormon estrogen berlebihan. Kini, banyak yang terkena risiko obesitas sejak dari masa kecil karena gizi yang tidak dikontrol.

Dumping makanan cepat karena faktor gaya hidup yang semakin sibuk dan makanan cepat tentu saja pilihan yang lebih murah, membuat siswa-siswa termasuk siswa sekolah dan mahasiswa juga terkena masalah ini. Jadi, mulai dari berat berlebihan, gangguan hormon terjadi dan seterusnya mengganggu kelancaran haid dan akhirnya dapat merusak rahim.

6. Menjaga kehormatan diri

Sekarang sudah menjadi fenomena. Asal buka koran atau dengar berita harus banyak cerita dengan perlakuan sumbang dan gejala sosial remaja termasuk sanggup menggugurkan bayi secara ilegal dan membuang bayi. Bila terjadi pengguguran bayi secara ilegal, risiko untuk infeksi kuman ke dalam rahim adalah tinggi dan lama-kelamaan rahim dapat rusak dan remaja itu juga berisiko untuk mandul. Selain itu, jika remaja hamil secara ilegal dan tidak mendapatkan perawatan selama kehamilan dan berpantang dengan baik, risiko kerusakan rahim juga turut meningkat.

7. Makanan-makanan untuk kesehatan rahim

Perbanyak makanan-makanan yang dapat membantu untuk menjaga rahim. Diantaranya adalah buah nenas yang mengandung enzim bromalin dan pepaya yang mengandung enzim papase yang berfungsi untuk membersihkan darah kotor yang tertinggal di dalam saat haid.

Jalar merah pula memasok sedikit hormon progesteron, keladi memiliki sedikit hormon estrogen dan ubi kayu memiliki vitamin B17 yang merupakan antikanker. Kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe dan serai memiliki fungsi anti inflamasi yang turut berperan dalam menjaga kesehatan rahim.

Banyakkan makanan yang mengandung antioksidan termasuk sayuran hijau seperti bayam, sawi, pucuk paku, kubis, kacang, wortel, brokoli dan sebagainya. Selain itu, amalkan juga gizi buah-buahan seperti jambu, jeruk, mangga, apel, nanas, pepaya dan lain-lain serta kacang seperti kacang mete, almond dan kenari. Bagus juga jika ditambahkan kismis dan buah kurma.

Untuk perawatan rahim yang sehat juga, makanan seperti daging merah dan ayam harus dikurangi. Sebaliknya lebihkan makan ikan seperti ikan kembung, ikan tenggiri, ikan bawal, mackerel, tuna, ikan tongkol dan lain-lain. Selain itu, teh hijau yang mengandung antioksidan juga sangat baik untuk mencegah penyakit.

8. Suplemen untuk wanita

Selain itu, suplemen yang baik untuk rahim dan sangat penting untuk dipraktekkan untuk kesehatan berkepanjangan bagi seseorang wanita adalah multivitamin, vitamin C setidaknya 1000mg sehari, vitamin E sebanyak 400IU per hari, kalsium sebanyak 1000mg sehari dan minyak ikan dalam 1000-2000mg sehari sampai akhir hayat.

9. Amalkan tahanan pantang yang tepat

Saya akui kebanyakan wanita sekarang berprofesi dan semakin sibuk. Kesulitan untuk mendapatkan cuti berpantang adakalanya menyebabkan wanita mengabaikan periode berpantang setelah bersalin. Sepatutnya wanita harus memberi waktu kepada diri sendiri untuk benar-benar sembuh dari luka eksternal dan internal setelah melahirkan untuk memastikan rahim sehat sepenuhnya karena perubahan yang terjadi selama kehamilan.

Para suami juga harus memahami kondisi wanita dan memberi waktu untuk berpantang untuk menyembuhkan kembali luka sehingga dapat mengembalikan kesehatan seperti sebelum hamil. Setelah semua, lama lagi nak guna badan tu.

10. Konsumsi Ovary Nutrition Capsule

Ovary Nutrition (FILEminimizer)

Ovary Nutrition Capsule terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang sangat efektif menjaga kesehatan dan kesuburan rahim. Selain itu dapat pula membantu mengatasi berbagai keluhan penyakit kewanitaan dan menambah gairah seksual bagi perempuan dewasa yang sedang mengalami penurunan kualitas seksualnya. Untuk informasi lebih lengkap dan cara pemesanannya, silahkan KLIK DISINI !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *