Mengenal Kista di Permukaan Kulit (Sebaceous)

Mengenal Kista di Permukaan Kulit (Sebaceous)Kamu pernah mempunyai & benjolan kecil atau besar menyerupai jerawat di kulit. Benjolan tersebut berbentuk seperti kantong yg terdapat di bawah kulit. Itu merupakan kista sebaceous.

Menurut dr Daulat SpKK, kista sebaceous ini benar-benar tak memunculkan masalah kesehatan yg serius, namun secara estetika mengganggu kulit wajah wanita. “Kista sebaceous ini merupakan kelenjar sebaceous yang ada di bawah kulit. Beberapa kasus terutama bagi orang dengan tipe kulit sangat berminyak, usia tua, hormon androgen yang tinggi, membuat aktivitas kelenjar sebaceous ini meningkat,” ucapnya.

Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjaharanie (AWS) tersebut memaparkan, diwaktu aktivitas kelenjar sebaceous tersebut meningkat, maka kelenjar dapat membesar.

Baca juga : Penyebab Penderita Kista Mudah Kenyang

Saat muara kelenjar ke permukaan kulit tersumbat, maka bakal memunculkan kista. Perlu diketahui, kista kulit ini bakal diderita oleh segala umur, & serta bisa timbul terhadap tiap-tiap sektor badan mana juga.

“Walaupun tidak berbahaya, tetap perlu berhati-hati. Karena bisa saja ada kuman, seperti propinium acne meningkat di permukaan kulit bisa menyebabkan infeksi,” kata dokter berkulit putih tersebut.

Kelenjar sebaceous yg meningkat tidak cuma menyebabkan kista, namun serta adenoma sebaceous. Perbedaan keduanya, menurut Daulat, kista sebaceous menciptakan kulit bergelembung, apabila dipandang gelembung berwarna putih kekuningan.

“Sedangkan adenomia, seperti benjolan berwarna sama seperti kulit dengan permukaan yang tidak rata. Kista dan adenoma sebaceous ini bisa diobati. Pengobatan kista sebaceous dengan ekstraksi, sedangkan adenoma sebaceous kauterisasi (tindakan medis dengan merusakkan jaringan yang terganggu),” tandasnya.