Kista Endometriosis

kista-endometrosisEndometriosis adalah keluarnya endometrium sehingga berada di luar tempatnya yaitu rongga rahim. Endometrium adalah lapisan yang melapisi rongga rahim dan biasanya dikeluarkan secara siklik saat menstruasi. Adanya jaringan yang mengapung ke jaringan lain, sehingga membentuk jaringan yang menempel disebut dengan endometrium implan. Endometrium implan berupa jaringa yang memiliki warna coklat yang berasal dari darah yang menyebar ke selaput perut. Meskipun ada juga yang tidak memiliki warna atau dikenal nonpigmanted endometrisis.Kista endometrium merupakan jenis kista yang tidak ganas. Meskipun tidak bersifat ganas akan tetapi akan mengganggu kesuburan anda.

Penyebab Kista Endometriosis

Belum dapat diketahui secara pasti apa yang dapat menyebabkan kista endometriosis akan tetapi menurut penelitian menyatakan bahwa adanya dua teori .

  • Teori Menstruasi retrogard. Teori ini menyatakan bahwa adanya endometrium yang memasuki tuba ketika terjadi menstruasi hingga akhirnya memasuki rongga pelvis.
  • Teori Metaplasia. Adapun teori kedua menyatakan adanya sisa epitel embrional yang tidak sampai ke menarke sehingga jaringannya membuat respon terhadap estrogen dan progestron seperti yang berada di endometrium.

Gejala Kista Endometriosis

  • Kista yang berukuran kecil tidak akan menimbulkan rasa nyeri.
  • Kista yang kecil akan menimbulkan sakit ketika pecah atau terpuntir.
  • Kista yang berukuran besar atau banyak  sehingga menimbulkan rasa sakit
  • Rasa sakit pada panggul
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Pendarahan rahim yang bernormal

Kista Endometriosis akan mungkin menyerang wanita kapan saja. Kasus endometrium pada wanita akan ditemukan  pada usia dibawah 20 tahun. Resiko akan meningkatkan mulai masa pubertas hingga akan memuncak pada usia 40 tahun. Untuk anda yang berusia setelah 40 tahun . Resiko akan mengecil ketika anda memasuki usia menopause.

Itulah penjelasan singkat tentang kista endometriosis. Terimakasih telah bersedia meluangkan waktunya untuk berkunjung ke website kami ini pengobatankistarahim.com 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *