Hati-Hati Dengan Kista Endometriosis

kista endometiosisAdalah kondisi di mana terbentuknya kista yg tumbuh di permukaan dari ovarium atau menyerang bidang dalam ovarium & menempa kista berisi darah yg dinamakan juga sbg kista coklat. Kista ini dinamakan kista coklat lantaran terdapat penumpukan darah berwarna merah coklat sampai gelap. Kista ini mampu berukuran kecil seukuran kacang & mampu tumbuh lebih besar dari buah anggur. Bentukan kista endometriosis benar-benar tak ganas tetapi kita mesti mewaspadai lantaran akan berlanjut jadi kanker.

Teori Penyebab

Sebenarnya tentang penyebab tentunya belum ketahuan. Tetapi ada teori lama menyampaikan bila darah menstruasi masuk kembali ke saluran telur (tuba falopii) dgn mengambil jaringan (endometrium) dari lapisan dinding rahim maka jaringan tersebut menetap & tumbuh di luar rahim.

Gejala

Gejala dari kista endometriosis diantaranya yakni perut terasa penuh, berat, & kembung. Didapatkan pula adanya tekanan terhadap dubur & kandung kemih dgn manifestasi susah buang air kecil. Munculnya haid tak rutin & nyeri panggul menetap atau kambuhan yg akan tersebar ke punggung bawah & paha pula jadi salah satu gejala dari kista ini. Munculnya mual, mau muntah, atau pengerasan payudara serupa seperti pada saat hamil pun pantas diwaspadai sebab mungkin ini yakni gejala dari kista. Gejala yang lain yaitu nyeri kala senggama, adanya pembesaran ovarium, & infertilitas.

Pencegahan

Sbg perempuan pasti kita tak mau kondisi ini berlangsung terhadap diri kita. Untuk itulah kita mesti mengetahui gimana trik mencegah terjadinya kondisi ini bersama gaya hidup sehat. Hindarilah makan makanan yg mengandung lemak tinggi, rajinlah utk berolah raga juga mengkonsumsi makanan & minuman dgn kandungan antioksidan yg tinggi. Faktor ini lantaran antioksidan yaitu penangkal dari radikal bebas. Diluar itu sekian banyak makanan yg pantang dimakan yaitu santan, alpukat, kuning telur, seafood, fastfood atau junkfood, gorengan, susu sapi, beraneka ragam daleman, & makanan yg mempunyai sifat manis serta pantang buat dimakan atau kita mampu membatasinya kalau kita mau terhindar dari kista endometriosis.