Haid Tidak Teratur Tanda Gangguan Kesuburan

Haid Tidak Teratur Tanda Gangguan Kesuburan

Banyak wanita yg mengeluhkan siklus haid tidak teratur, dimana haid tidak berlangsung setiap bulan. Kadang tamu bulanan datang terlalu cepat, namun ada pula yg amat sangat lama.

Bila Kamu salah satu di antara mereka, maka Kamu layak waspada. Menurut dokter spesialis kandungan, dr. Yassin Yanuar, haid tidak teratur mampu menjadi tanda adanya gangguan kesuburan yg mempengaruhi peluang wanita mempunyai keturunan.

Baca juga : Inilah Bahaya Bercinta Saat Menstruasi

“Setiap bulannya ada sel telur yang matang tapi tidak dibuahi, dan itu keluar melalui haid. Tapi pada perempuan yang haid tidak teratur berarti ada gangguan pada sistem hormonalnya yang mempengaruhi kemampuan reproduksinya,” ucap Yassin yg pula anggota tim SMART IVF di Fertility Center, Sahid Sahirman Memorial Hospital pada temu media di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Dia menyampaikan, tidak hanya hal hormonal, ada faktor yang lain yg serta mempengaruhi siklus haid terhadap wanita. Salah satunya merupakan perihal gaya hidup, ataupun adanya gangguan endometriosis atau kista dalam rahim wanita.

“Sehingga ketika kaum hawa memiliki gangguan haid sebaiknya tidak disepelekan. Segera konsultasikan ke dokter kandungan agar mendapat intervensi sehingga tidak mempengaruhi kemampuannya untuk memiliki anak,” pungkas Yassin.