8 Cara Mengidentifikasi Gejala Kista Ovarium

Kista ovarium diam-diam menyelinap masuk, dan seseorang bahkan tidak akan menyadari bahwa dia memiliki kista di ovarium. Dalam sebagian besar kasus, hal itu dapat didiagnosis hanya ketika mereka rutin check-up.

Kista biasanya ditemukan pada wanita selama waktu ovulasi mereka, terutama di sekitar usia subur mereka. Kista seperti kantung yang diisi dengan cairan, yang terbentuk di ovarium. Ketika folikel tidak pecah, gagal untuk melepaskan sel telur, dan cairan tetap. Hal ini menimbulkan kista di ovarium. Hal ini mempengaruhi indung telur.

8 Cara Mengidentifikasi Gejala Kista Ovarium

Meskipun sebagian besar kista ovarium adalah non-kanker (jinak) alami, ada beberapa dari mereka yang bersifat kanker (malignant) juga.

Seringkali, kita telah mendengar pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, jadi ini berlaku dalam kasus kista ovarium juga. Namun, masalahnya adalah, tidak ada gejala yang signifikan pada tahap awal.

Perempuan harus berhati-hati dan memeriksa untuk tanda-tanda dan gejala, yang mungkin tampak normal sebaliknya. Untuk itu, mari kita pelajari 8 cara mengidentifikasi gejala kista ovarium.

1. Perut Kembung Disertai Nyeri
Salah satu perubahan utama dapat Anda lihat ketika Anda memiliki kista ovarium adalah pembengkakan perut, terutama perut bagian bawah yang biasanya akan disertai dengan banyak rasa sakit.

2. Kesulitan Kencing, Atau Sering Buang air kecil
Ketika salah satu mengembangkan kista di ovarium, menyebabkan kesulitan dalam buang air, karena bisa menyakitkan. Hal ini juga menyebabkan tekanan besar pada kandung kemih, memberikan wanita dorongan meningkat menjadi sering buang air kecil.

3. Nyeri Panggul Selama Menstruasi
Ketika folikel tidak pecah dan telur tidak dilepaskan, ketika wanita mengalami menstruasi, ini mengarah pada pembentukan kista dan ini menyebabkan nyeri panggul yang parah.

Baca juga : Cara Mengobati Kista Rahim

4. Mual Dan Muntah
Ketika ada pecah dalam kista, umumnya terasa mual dan ingin muntah. Hal ini perlu segera ditangani, karena akan meningkatkan risiko infeksi lebih lanjut.

5. Berat Badan
Seiring dengan sakit perut dan kembung, bagi mereka yang memiliki kista ovarium, mereka akan cenderung untuk mengalami peningkatan berat badan yang ekstrim dalam waktu singkat.

6. Masalah Pada Gerakan Usus
Ketika ada kista di ovarium, salah satu masalah yang dihadapi adalah dalam buang air besar mereka. Buang air besar terasa menyakitkan, karena ada tekanan pada usus atau usus besar.

7. Gangguan pencernaan Atau Mulas
Bahkan setelah makan hanya sedikit, wanita pememilik kista di ovarium mudah merasa kenyang. Karena tekanan yang diterapkan pada perut, mereka merasa ada masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

8. Sakit Punggung Bagian Bawah
Ketika ada kista di ovarium, ada tekanan pada punggung bawah. Beberapa dari mereka juga mendapatkan rasa sakit di paha mereka, ini bisa jadi gejala awal menunjukkan adanya kista di ovarium.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *