12 Fakta Tentang Kista Ovarium

kista

Pengobatankistarahim.com | 12 Fakta Tentang Kista Ovarium,- Kecuali Anda berharap untuk memiliki anak (atau hanya melihat gambar bayi yang lucu), Anda mungkin tidak memberikan ovarium Anda banyak pemikiran. Jadi mungkin sedikit mengganggu untuk menyadari bahwa sekitar waktu ketika Anda sedang menstruasi, ada kesempatan baik bahwa Anda akan mengembangkan kista ovarium dan tidak pernah menyadarinya. Tapi sebelum Anda panik, tahu ini: Ini biasanya tidak berbahaya.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda tidak harus belajar lebih banyak apa yang terjadi di dalam tubuh Anda sendiri setiap bulan. Dan dalam beberapa kasus, kista ovarium dapat menyebabkan nyeri panggul dan komplikasi yang lebih serius. Berikut segala sesuatu yang Anda harus tahu tentang kista super-umum ini.

Tunggu, ovarium dan tuba falopi? Menyegarkan ingatan saya …
Sejak kelas biologi adalah waktu yang lama, berikut adalah primer cepat: Di dalam panggul, rahim Anda diapit oleh dua ovarium, masing-masing kira-kira ukuran sebuah almond. Selama subur tahun Anda, salah satu ovarium Anda akan membedung telur dalam ruang berisi cairan yang disebut folikel, kemudian melepaskan telur ke dalam tuba falopi sebulan sekali. Folikel yang pada dasarnya diri combusts sesudahnya dan diserap ke dalam tubuh.

Benar, jadi bagaimana bentuk kista?
Cukup mudah, sebenarnya.

“Tubuh Anda pada dasarnya menetapkan Anda untuk mendapatkan kista ovarium,” kata Dr Mary Jane Minkin, profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale University School of Medicine.

Jika folikel tidak melepaskan telur, maka dapat tumbuh lebih besar dan berkembang menjadi kista folikel. Atau, Anda juga dapat mengembangkan apa yang disebut corpus luteum kista, rongga yang terbentuk setelah pecah folikel dan melepaskan telur. Kista ini dapat berdarah dan menyebabkan nyeri daerah panggul. Biasanya, hal-hal ini menghilang di bawah beberapa minggu dan cukup kecil (sering sekitar 1 sampai 2 milimeter), tapi itu mungkin untuk memiliki kista lebih besar yang dapat mengukur ke dalam inci, juga.

Ada lagi?
Iya nih. Itu juga mungkin untuk mengembangkan sesuatu yang disebut kista dermoid yang, yang membentuk ketika sel-sel di awal pemisah ovarium, meskipun mereka belum dibuahi. Ini tidak umum, Minkin mengatakan, tetapi mereka dapat tumbuh lebih besar-bahkan hingga 10 sentimeter, atau hampir 4 inci. Dan karena jenis kista mengandung bahan genetik untuk kehidupan manusia, Anda dapat menemukan rambut dan gigi di dalamnya, katanya. Kista dermoid yang besar atau menyebabkan masalah lain mungkin perlu pembedahan.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki kista ovarium?
Sering kali, Anda tidak akan. Banyak kista ovarium fungsional tidak akan memicu gejala apapun, dan “sebagian besar waktu, mereka pergi pada mereka sendiri,” kata Minkin. Dan dalam kasus Anda bertanya-tanya, kista folikel tidak sering menyebabkan perubahan apapun untuk siklus menstruasi Anda, meskipun Anda mungkin mengalami beberapa perdarahan jika Anda memiliki kista korpus luteum.

BACA JUGA : OBAT KISTA

Lalu bagaimana orang mengetahui mereka memiliki kista di tempat pertama?
Kista ovarium dapat muncul di gyno rutin kunjungan-dokter mungkin menemukan yang lebih besar selama pemeriksaan panggul (prosedur mengejutkan kontroversial hari ini) atau melihat mereka setelah USG untungnya tepat waktu. Tapi wanita lain akan mengalami gejala dari mereka kista-terutama nyeri pada panggul atau perut daerah-dan mereka adalah pasien yang biasanya berakhir di kantor gyno mereka.

“Sebagian besar kista ovarium saya menemukan [dalam praktek saya] adalah dari pasien yang memberitahu saya mereka mengalami sakit,” kata Minkin.

Apa gejala kista ovarium lain saya harus tahu tentang?
Ada juga gejala yang lebih parah dari kista ovarium, seperti demam, mual, dan muntah. Mereka adalah semua tanda-tanda bahwa Anda mungkin memiliki infeksi, dan Anda harus mendapatkan ke dokter secepatnya.

Tapi salah satu skenario yang kekhawatiran para ahli paling, Minkin mengatakan, adalah ketika kista menyebabkan ovarium untuk “twist,” yang tidak hanya dapat menyebabkan infeksi, tetapi bisa memotong suplai darah ke ovarium, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen . Ini masalah yang dikenal sebagai adneksa torsi, dan itu hanya sebagai serius seperti kedengarannya. Jika yang terjadi-dan itu tidak umum-Anda mungkin merasa sakit tiba-tiba perut Anda dan juga mungkin memiliki beberapa mual. Jika hal ini terjadi, Anda akan ingin untuk memberitahu dokter Anda tahu tentang hal itu segera karena itu dianggap sebagai darurat medis.

Bagaimana dokter saya menguji saya untuk kista?
Sering kali, dokter akan mengkonfirmasi bahwa Anda memiliki kista setelah memberikan Anda USG vagina; citra kista muncul di scan. Tapi itu juga mungkin bahwa, jika Anda sakit, gyno Anda akan menduga bahwa Anda memiliki kista berdasarkan gejala Anda sendiri.

Either way, dokter mungkin memutuskan untuk mengambil pendekatan menunggu waspada, dan hanya memantau kista selama beberapa minggu atau bulan. “Kami mencoba untuk menghindari operasi pada seseorang kecuali kita harus,” kata Minkin.

Bagaimana jika saya perlu operasi?
Anda mungkin perlu untuk pergi di bawah pisau, terutama jika Anda berisiko untuk “memutar,” kata Minkin. Dokter Anda mungkin juga mempertimbangkan jika kista telah bertahan selama lebih dari tiga siklus menstruasi, itu lebih besar dari 4 inci, atau jika ada kecurigaan bahwa massa bisa menjadi tumor. (Lebih pada nanti.)

Jika Anda memerlukan pembedahan, Anda mungkin akan mengalami salah satu dari dua prosedur: a laparoskopi atau laparotomi. Keduanya akan membutuhkan anestesi umum.

Apakah ada cara saya bisa mencegah mereka?
Mungkin. Jika Anda tidak hamil, kemudian mengambil pil KB mungkin membantu.

“Mereka menekan ovulasi,” kata Minkin, dan yang mungkin mencegah kista dari pembentukan di tempat pertama.

Yang mengatakan, pil KB tidak akan membantu kista pergi lebih cepat, menurut sebuah studi 2014 dari Cochrane Collaboration. Di masa lalu, beberapa dokter merekomendasikan SM sebagai pilihan pengobatan untuk kista ovarium, tapi para peneliti dari 2014 studi mengatakan bahwa saran ini didasarkan pada kurang-dari-bintang data dan bahwa strategi yang lebih baik adalah bahwa dari menunggu waspada.

Apa sindrom ovarium polikistik?
Sekitar 7 persen wanita mungkin memiliki gangguan hormonal ini, menurut sebuah studi dalam Journal Clinical Endocrinology & Metabolism 2004. Seperti namanya, orang dengan kondisi dapat mengembangkan beberapa kista ovarium. Mereka juga dapat memiliki menstruasi yang tidak teratur, kesulitan hamil, dan gejala seperti suara memperdalam dan peningkatan rambut tubuh (baik yang cenderung muncul ketika seseorang memiliki tingkat tinggi hormon laki-laki). Namun perlu diingat, ini adalah sindrom-hal hormonal tidak identik dengan memiliki beberapa kista selama hidup Anda.

Dapatkah saya masih mendapatkan kista ovarium jika aku melewati menopause?
Sebagian besar waktu, kista berkembang pada wanita pra-menopause. Tapi itu masih mungkin untuk mendapatkan mereka sebagai usia Anda, mungkin terutama pada tahun-tahun pasca-menopause lebih awal. Bahkan, salah satu studi 2010 di American Journal of Obstetrics & Gynecology menyimpulkan bahwa mereka mungkin cukup umum. Setelah melihat hasil tes USG transvaginal hampir 16.000 wanita yang lebih tua dari 55, para peneliti menemukan bahwa sekitar 14 persen dari subyek memiliki kista di screening pertama mereka. Sekitar sepertiga dari orang-orang kista menghilang pada tahun berikutnya.

Intinya: Kista ovarium masih membuat tampilan pada wanita setelah menopause-dan dokter tidak harus secara otomatis menganggap bahwa semua dari mereka adalah kanker.

Kemungkinan bahwa suatu kista ovarium dapat menjadi kanker?
Ya, ada kemungkinan kecil bahwa kista bisa kanker ovarium. Dan seperti banyak kanker lainnya, risiko Anda tidak meningkat dengan usia, kata Minkin. (Sekitar setengah dari wanita yang mengembangkannya lebih tua dari 63.) Setiap tahun, sekitar 21.000 perempuan menerima diagnosis ini, menurut American Cancer Society. Ini juga penyebab kelima kematian akibat kanker pada wanita.

Jika dokter Anda sedang mencoba untuk menentukan apakah kista Anda adalah kanker, ia mungkin akan melakukan USG pertama. Tes yang tidak akan definitif membuktikan massa, pada kenyataannya, kanker, tetapi dapat membantu Anda menentukan apakah MD itu diisi dengan cairan (kista fungsional) atau apakah itu padat (mungkin tumor).